Rahmadani, Rahmadani (2022) Dampak game online (Higgs Domino Island) terhadap perilaku remaja di Desa Sikara-Kara 1 Kecamatan Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1730200012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakangmasalah penelitian ini dimulai dari hasil observasi awal di desa sikara-kara 1 game online higgs domino island sangat populer dikalangan remaja, banyak dari mereka yang menghabiskan waktunya untuk bermain game online higgs domino islanddanmengabaikan tanggung jawabnya seperti mengerjakan tugas sekolah dan bekerja.Remaja Desa Sikara-Kara 1 mampu berjam-jam memainkan game onlinehiggs domino islandsampai koin/chip habis atau bangkrut. Peneliti jugamelihat bahwa banyak remaja terlalu asyik memainkan handphoneuntuk bermain game onlinehiggs domino island dan berkumpul di tongkrongansampai larut malam. Rumusan masalah yang di bahas dalam penelitian skripsi ini adalah(1)Apa saja motivasi remaja bermain game online (higgs domino island)di Desa Sikara-kara 1 Kecamatan Natal,(2)Apa saja perubahan perilaku remaja di Desa Sikara-kara 1 Kecamatan Natal, (3)Bagaimana dampak game online (Higgs Domino Island) terhadap perilaku remaja di Desa Sikara-kara 1 Kecamatan Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Sumber datainforman terdiri dari 20 orang,dipecah menjadi 2 sumber yaitu data primer 12orang remaja yang bermain game online(higgs domino island), dan sumber data sekundersebanyak 5 orangtuasertamasyarakat sebanyak3 orang.Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara observasinon partisipan, dan wawancara terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa motivasi remaja bermain game online (higgs domino island)muncul akibat adanya rasa penasaran.Perubahan perilaku remaja yang sebelumnya jujur, rajin, patuhmenjadi pribadi yang suka berbohong, malas dan boros. Remaja melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang untuk membeli koin atau chip,remaja malas mengerjakan tugas sekolahdan bekerja, remaja jugasemakin boros karna uang saku dan penghasilan remaja digunakan untuk membeli koin/chip. Dampak dari game online (Higgs Domino Island)pada remaja Desa Sikara-Kara 1 yaitu menimbulkan rasa kecanduan dan emosional.Remaja yang kecanduan game online sering merasa gelisah dan mudah marah,remajayangbermain game online (Higgs Domino Island) tidak dapat mengendalikan dan mengontrol emosi ketika bermain game online. Hal tersebut terjadi akibat ego dalam diri aktif sehingga menyalahkan dan menganggap orang lain sebagai sumber penyebab kekalahannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mohd Rafiq, S.Ag., M.A. dan Masrul Efendi Umar Harahap, M.Sos. |
Keywords: | Dampak game online; Higgs Domino Island; Perilaku remaja |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:39 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8831 |
Actions (login required)
View Item |