Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah (studi kasus PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan)

Matondang, Nur Adelina (2022) Strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah (studi kasus PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah berdasarkan sebuah fenomena bahwa perkembangan lembaga keuangan yang setiap tahunnya berkembang degan pesat dari perkembangan tersebut tentunya memiliki persaingan agar setiap lembaga mendapatkan nasabah yang sesuai dengan targetnya. Dalam pencapaian target tersebut tentunya harus melakukan strategi segmentasi pasar yang tepat agar target sesuai dengan yang diinginkan. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu dampak positif bagi PT. Bank Sumut Syariah Panyabungan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan salah satu produk yang dipasarkan oleh PT. Bank Sumut Syariah Panyabungan dari pendanaan yaitu tabungan marhamah ib martabe yang dengan demikian dituntut untuk meningkatkan pemasaran terutama pada tabungan marhamah dalam bersaing dengan bank lain. Dalam segmentasi diketahui target pasar untuk tabungan marhamah adalah kalangan umum lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriftif yang menggunakan data primer dan skunder, teknik penelitian ini menggunakan wawancara dengan narasumber melakukan tanya jawab langsung kepada pihak yang bersangkutan serta, dokumentasi dan observasasi. Penulis juga melakukan teknik analisis data dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar di Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah sudah mensegmentasikan nasabahnya jika mengikuti teori yang dijelaskan kotler tentang segmentasi pasar yaitu membagi pasar atau mengelompokkan pasar yang heterogen (pasar yang menjual berbagai jenis barang/campur) menjadi pasar homogeny (pasar yang menjual jenis satu barang saja). Kenyataan Bank Sumut Syariah sudah melakukan banyak reward dan kualitas pelayanan yang ramah, adil dan tepat waktu kepada para nasabahnya sehingga memenuhi kebutuhan dan kepuasan bagi nasabah dan mampu meningkatkan jumlah nasabah di bank sumut syariah panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Sry Lestari, S.H.I., M.E.I.
Keywords: Strategi; Segmentasi pasar; Nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:51
Last Modified: 14 Jun 2023 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item View Item