Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh e-servqual terhadap kepuasan nasabah pengguna mobile banking Bank Syariah Indonesia

Rahmi, Ilfi (2022) Pengaruh e-servqual terhadap kepuasan nasabah pengguna mobile banking Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pra survey yang dilakukan peneliti terhadap 30 (tiga puluh) nasabah Bank Syariah Indonesia yang telah menggunakan aplikasi BSI Mobile lebih dominan menyatakan puas terhadap layanan BSI Mobile, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh efficiency, fulfillment, reliability, dan privacy sebagai indikator kualitas layanan elektronik (E-Servqual) terhadap kepuasan nasabah menggunakan aplikasi BSI Mobile. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen pemasaran yang mana di dalam nya membahas tentang kepuasan nasabah, serta kualitas pelayanan. Pendekatan yang dilakukan dalam kualitas layanan berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi yaitu kualitas layanan untuk elektronik (e-serqual). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Pengolahan data dengan bantuan SPSS versi 23. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yang masih aktif tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan rumus Taro Yamane sehingga diperoleh 96 nasabah sebagai responden. Hasil penelitian yang diperoleh secara parsial ada pengaruh variabel fulfillment, reliability, dan privacy terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile Banking. Fulfillment dengan nilai thitung > ttabel (2,320 > 1,6617), reliability dengan nilai thitung > ttabel (1,871 > 1,6617), dan privacy dengan nilai thitung > ttabel (4,273 > 1,6617). Sedangkan variabel efficiency tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan menggunaakan aplikasi BSI Mobile Banking dengan nilai thitung < ttabel (0,255 < 1,6617). Uji F menghasilkan Fhitung > Ftabel (11,481 > 2,47) yang berarti secara simultan ada pengaruh variabel effciency, fulfillment, reliablity, dan privacy terhadap kepuasan mahasiswa FEBI, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sebagai nasabah yang menggunakan aplikasi BSI Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Adanan Murroh Nasution, M.A.
Keywords: E-servqual; Kepuasan; Mobile banking
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:41
Last Modified: 14 Jun 2023 02:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8821

Actions (login required)

View Item View Item