Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Attention, Interest, Search Action, Share (AISAS) terhadap tingkat literasi keuangan syariah (studi kasus followers instagram PT. Bank Muamalat Indonesia)

Yunita, Rizki (2022) Pengaruh Attention, Interest, Search Action, Share (AISAS) terhadap tingkat literasi keuangan syariah (studi kasus followers instagram PT. Bank Muamalat Indonesia). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100176.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu akar persoalan lambatnya pertumbuhan pangsa pasar perbankan syariah disebabkan karena lemahnya literasi masyarakat Indonesia terhadap keuangan syariah. Literasi keuangan syariah dapat ditingkatkan melalui model AISAS sehingga pertumbuhan pangsa pasar perbankan syariah dapat meningkat secara signifikan terutama dalam hal teknologi.. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Attention, Interest, Search, Action, Share Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Attention, Interest, Search, Action, Share Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen keuangan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan AISAS atau Attention, Interest, Search, Action, Share. Serta bagian-bagian ilmu tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik Taro Yamane dengan jumlah sampel sebanyak seratus sampel. Data diolah dengan bantuan program SPSS versi 25 dengan pengujian deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji simultan (uji f) dan uji parsial (uji t) serta koefisien determinasi. Hasil penelitian secara koefisien deterinasi R2 menunjukkan bahwa attention, interest, search, action, dan share memberikan kontribusi sebesar 31,6% dan sisanya 68,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Secara Parsial (Uji t) menunjukkan Attention, dan Interest berpengaruh terhadap Tingkat literasi keuangan syariah, Search, Action dan share tidak berpengaruh. Sedangkan secara simultan (Uji F) terdapat pengaruh Attention, Interest, Action, Share terhadap tingkat literasi keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rukiah, S.E.I., M.Si. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I.
Keywords: Action; Attention; Interest; Literasi keuangan syariah; Search; Share
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:23
Last Modified: 14 Jun 2023 02:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item View Item