Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara

Hasibuan, Mila Warni (2023) Problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika Pendidikan Agama Islam. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam memilih dan menentukan apa saja yang menjadi tujuan pembelajaran, metode, teknik, media dan alat evaluasi harus sesuai dengan sistem pembelajaran dan karakteristik Kurikulum 2013. Problematika yang ditemukan ada berasal dari guru, siswa, kurikulum, manajemen, sarana prasarana, juga penilaian autentik. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara dan bagaimana problematika penerapan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara dan juga untuk mengetahui problematika penerapan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Jenis penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengolahan data dengan cara menelaah seluruh data yang dikumpulkan dari sumber data, reduksi data, editing data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara belum maksimal karena belum sepenuhnya terlaksana. Problematika yang dialami guru Pendidikan Agama Islam adalah kurang penguasaan dalam menerapkan pembelajaran sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, problem guru Pendidikan Agama Islam terhadap relevansi antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan penerapan pembelajaran Kurikulum 2013, kurang pemahaman dalam menggunakan penilaian Kurikulum 2013 (penilaian autentik), dan siswa kurang aktif saat mengikuti proses pembelajaran Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Kurikulum 2013; Problematika; Pendidikan agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:07
Last Modified: 05 Jun 2023 08:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8770

Actions (login required)

View Item View Item