Siregar, Asti Mir'atul Hasanah (2023) Tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga Kota Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman yang terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, budaya, dan tentunya agama. Pernyataan tersebut sebagai alasan agar penguatan nilai -nilai moderasi beragama di Indonesia sangat perlu dilakukan khususnya dalam lingkungan pendidikan yang tentunya tidak terlepas dari peran seorang guru. Keseluruhan guru yang mengajar di bawah naungan Kementrian Agama (Kemenag) ditekankan untuk memahami nilai-nilai moderasi beragama. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa mereka mengetahui moderasi beragama tetapi kurang baik dalam memahami nilai-nilai moderasi beragama. Artinya mereka lebih mengetahui dan memahami nilai toleransi saja sedangkan di dalam moderasi beragama terdapat 9 nilai yang harus dipahami. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga Kota Sibolga. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari (1) Bagaimana Tingkat Pemahaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Guru di Madrasah Aliyah Negeri sibolga Kota Sibolga. (2) Bagaimana Faktr-Faktor yang Menentukan Tingkat Pemahaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Guru di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga Kota Sibolga. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods, yaitu metode yang menggabungkan antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara yang bertujuan untuk memperoleh data yang lebih komprehensif valid, reliabel dan objektif. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yakni sequential explanatory. Maka analisis data kuantitatif dijadikan sebagai metode utama sedangkan analisis data kualitatif menjelaskan lebih dalam tentang data kuantitatif. Hasil penelitian terkait dengan tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di Madrasah Aliyah Negri Sibolga Kota Sibolga memiliki kategori “sangat tinggi” dengan persentase 81%. Hal ini tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor yang menentukan sejauh mana tingkat pemahaman guru di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga Kota Sibolga. Adapun faktor yang menentukan ialah faktor pengalaman, faktor tingkat pendidikan, faktor pekerjaan, faktor lingkungan dan faktor informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Tingkat pemahaman; Nilai-nilai moderasi beragama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 May 2023 09:11 |
Last Modified: | 31 May 2023 09:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8758 |
Actions (login required)
View Item |