Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 200211 Padangmatinggi Padangsidimpuan Selatan

Ritonga, Nur Janna (2022) Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 200211 Padangmatinggi Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari masalah penelitian ini ialah untuk mengkaji kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SDN Padangmatinggi Padangsidimpuan Selatan tahun 2002-11. Hasil temuan menunjukkan bahwa guru PAI cukup mahir dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Guru PAI cukup mahir memanfaatkan strategi pembelajaran, media, dan pengelolaan kelas. Bagaimana Skill Pengajar PAI di SD Negeri Padangsidimpuan Selatan 200211 Rumusan masalah dalam penelitian ini Upaya apa yang dilakukan guru di SD Negeri Padang Sidempuan Selatan 200211 Padangmatinggi untuk menumbuhkan Skil pengajar PAI Di SDN Padangsidimpuan Selatan Tahun 200211 Padangsidimpuan Selatan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam. mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI di SD Negeri Padangsidimpuan Selatan 200211 Padangmatinggi dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya. Riset ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. SDN Padangsidimpuan Selatan 200211 Padangmatingi Padangsidimpuan Selatan menjadi lokasi penelitian yang berlangsung dari Desember 2021 hingga April 2022. Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan pengajar PAI di SDN Padang Sidempuan Selatan 200211 Padangmatinggi dalam menggunakan metode pembelajaran, media pembelajaran serta keterampilan pengelolaan kelas menunjukkan kompetensi profesional yang tinggi. Penggunaan metode, penguasaan materi atau materi, dan penggunaan media pembelajaran menunjukkan bahwa proses perencanaan pembelajaran dapat efektif mengajar, menurut peneliti. 2.) Berpartisipasi dalam seminar atau diskusi untuk memecahkan masalah terkait materi yang kurang dipahami merupakan salah satu cara yang dilaksanakan pengajar PAI di SD Negeri Padang Sidempuan Selatan Tahun 200211 Padangmatinggi 200211.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Kompetensi; Profesional; Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 May 2023 08:14
Last Modified: 31 May 2023 08:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item View Item