Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi komunikasi Humas dalam meningkatkan citra Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sebagai kampus cerdas berintegritas

Harahap, Ardiansyah Putra Halomoan (2022) Strategi komunikasi Humas dalam meningkatkan citra Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sebagai kampus cerdas berintegritas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1830100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian skripsi dilatarbelakangi citra UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yang semakin baik di mata publik. Adapun rumusan masalahnya tentang strategi komunikasi yang dilakukan Humas, dan apa faktor pendukung dan penghambat Humas dalam meningkatkan citra UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sebagai kampus cerdas berintegritas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi Humas dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat Humas UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dalam meningkatkan citra UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sebagai kampus cerdas berintegritas. Adapun pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi komunikasi menggunakan multimedia, sehubung dengan hal itu, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi komunikasi dalam meningkatkan citra UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addry Padangsidimpuan sebagai kampus cerdas berintegritas. Penelitian dilaksanakan di Humas UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan di Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4 RW.5, Sihitang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kemudian pendekatan deskriptif, Informan penelitian yakni, Kasubbag Humas, beserta stafnya, dosen, pegawai, mahasiswa, dan masyarakat. Sumber data primernya hasil wawancara dengan kasubbag Humas dan stafnya, sedangkan sumber data sekundernya berupa wawancara dosen, mahasiswa, dan masyarakat, screenshot jumlah pengunjung Website, jumlah subcribers, YouTube, jumlah followers Instagram dan Facebook. Kemudian screenshot publikasi media cetak/online, arsif, dan dokumentasi wawancara. Kemudian tekhnik pengambilan datanya dilakukan dengan metode observasi dan wawancara, Dan pengujian keabsahan datanya lewat reduksi data, koding data, editing data. dan pengambilan datanya dengan cara membandingkan data hasil wawancara dengan sumber pertama dengan sumber kedua. Adapun hasil penelitian ini, Humas menggunakan Strategi komunikasi meliputi Perencanaan., kemudian strategi Pendekatan Secara Person (Canalizing), kemudian Strategi Promosi Kelapangan, Strategi promosi melakukan promosi kesemua sekolah SMA/Aliyah sederajat, tujuannya untuk Strategi Membangun Personal Branding Melalui Akun Media Sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook, kemduian strategi komunikasi Redundancy, dengan mem-branding kampus lewat media sosial kelolaan Humas, akun Website dengan total pengunjung 25 ribu orang perbulan, kemudian akun Instagram Followers sebanyak 5.531, YouTube Subcribers sebanyak 3.74 ribu, akun Facebook sebanyak 5.9 ribu, Membina hubungan media cetak/online. Membina hubungan dengan pemerintah daerah dengan MoU. Yakni, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, tentunya kerjasama dalam peningkatan mutu pendidikan, baik segi bangunan, magang mahasiswa, penelitian dan lain sebagainya.Kemudian, membina hubungan dengan media cetak dan online, Humas dalam melakukan pengembangan dan perluasan berita terkait kampus membuat kerjasama dengan media cetak dan online diantaranya, Metro Tabagsel, Waspada, Mimbar Umum, Realitas, Medan Bisnis, Harian Sembilan, dan Antara, Analisadaily.com

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A. dan Mhd. Latip Kahpi, M.Kom.I.
Keywords: Strategi; Komunikasi; Humas; Citra; Cerdas berintegritas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:10
Last Modified: 18 Apr 2023 04:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8662

Actions (login required)

View Item View Item