Ramadhani, Sri (2022) Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah tabungan di Bank Syariah Indonesia (studi kasus Bank Syariah Indonesia KCP Kisaran pada masyarakat Desa Sei Kamah II). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi dengan meningkatnya jumlah nasabah produk tabungan secara umum pada BSI KCP Kisaran. Akan tetapi terjadi penurunan jumlah nasabah produk tabungan pada masyarakat Desa Sei Kamah II. Rumusan masalahnya adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh BSI KCP Kisaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan pada masyarakat Desa Sei Kamah II dan bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan BSI KCP Kisaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan pada masyarakat Desa Sei Kamah II, serta mengetahui kendala dan solusi dalam memasarkan produknya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran, yang terdiri dari diferensiasi dan bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup 7P yaitu product, price, place,promotion,people,process, dan physical evidance. kemudian unsur strategi pemasaran yang tediri dari segmentasi pasar, targetting, positioning dan strategi pemasaran dalam Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah staff sales force, dan branch operational serta masyarakat Desa Sei Kamah II yang merupakan nasabah BSI KCP Kisaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta sumber data yang diperoleh merupakan data skunder dan data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh BSI KCP Kisaran dengan menerapkan metode pemasaran marketing mix 7P. Melalui strategi produk, BSI KCP Kisaran mengembangkan 16 jenis produk tabungan. Melalui strategi harga, BSI KCP Kisaran memasarkan harga relatif lebih murah dibanding kompetitor lainnya. Melalui strategi lokasi yang cukup strategis dan berada dipusat Kota Kisaran. Melalui strategi promosi kurang maksimal karena hanya menerapkan personal selling. Melalui strategi proses yang di terapkan cukup mudah dan cepat. Melalui strategi people, tim marketing dan customer service yang bertanggung jawab dalam memasarkan produk dan strategi fisical evdance sudah cukup baik dengan memberiakan fasilitas AC, kursi antrian nasabah, mushollah, toilet. Kendala yang dihadapi yaitu banyaknya kompetitor lain yang ada di Kota Kisaran, ketebatasan waktu dalam memasarkan, belum terlaksana dengan baik dalam memasarkan produk tabungan, kurangnya literasi masyarakat Desa Sei Kamah II mengenai BSI KCP Kisaran. Serta solusinya menciptakan fitur yang berbeda, menambah jumlah tim marketing, memaksimalkan strategi promosi pada masyarakat Desa Sei Kamah II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si. dan Zulaika Matondang, M.Si. |
Keywords: | Strategi; Pemasaran; dan Produk tabungan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 07:31 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8641 |
Actions (login required)
View Item |