Harahap, Indah Hopipah (2022) Pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank syariah (studi kasus pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Persaingan di era masa kini, bank berlomba-lomba untuk memberikan kepuasan, relationship marketing, dan pelayanan yang terbaik terhadap nasabah sehingga kompetisi antar perusahaan semakin ketat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap minat masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: teori kepuasan nasabah, teori relationship marketing, dan teori kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi yang mana jumlah sampel 86 responden dengan menggunakan teknik rumus Slovin. Teknik analisis data dengan menggunakan statistic yaitu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial relationship marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dengan Thitung (4,127) > Ttabel (1,663). Variabel Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dengan Thitung (3.153) > Ttabel (1,663). Selain itu, terdapat pengaruh variabel relationship marketing dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua dengan Fhitung (48.303) > Ftabel (2,72).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Indah Permatasari Siregar, M.Si. |
Keywords: | Kepuasan nasabah; Relationship marketing; dan Pelayanan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 07:11 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8638 |
Actions (login required)
View Item |