Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk BSI Hasanah Card dengan metode analisis SWOT (studi kasus Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan)

Panggabean, Nur Hafni (2022) Strategi pemasaran produk BSI Hasanah Card dengan metode analisis SWOT (studi kasus Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100208.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Produk Hasanah Card merupakan produk yang dimiliki BSI KC Padangsidimpuan. Produk Hasanah Card menggunakan akad mudharabah dan musyarakah yaitu memperoleh bagi hasil. Namun masyarakat di Kota Padangsidimpuan kurang tertarik menggunakan produk Hasanah Card, dilihat dari jumlah nasabah yang hanya 34 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakuan BSI KC Padangsidimpuan dalam memasarkan produk Hasanah Card. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi pemasaran yang akan dilakukan perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan, peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan yaitu dengan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, penggunaan dokumen dan observasi yang bermanfaat, untuk memberikan informasi, fakta dan mekanisme strategi pemasaran yang dilakukan. Proses analisis dengan cara identifikasi faktor-faktor SWOT. Hasil penelitian ini telah diketahui bahwa strategi pemasaran Hasanah Card yang di lakukan BSI KC Padangsidimpuan ini menggunakan sistem marketing mix yang biasa di sebut 4P yaitu produk, harga, tempat, promosi. Analisis SWOT Hasanah Card yaitu, Kekuatan (citra perusahaan yang baik, mampu membuat suatu produk tabungan yang memiliki fasilitas dan manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabahnya). Kelemahan, (Hasanah Card merupankan produk baru yang ada di BSI KC Padangsidimpuan). Peluang (mayoritas masyarakat kota Padangsidimuan beragama islam. Lokasi kantor BSI KC Padangsidimpuan yang strategis. Ancaman (Munculnya dompet digital seperti OVO, GoPay, DANA, Shopee Pay, dan lain sebagainya yang lebih praktis dan banyak di gunakan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Hasanah card; Pemasaran; Produk; Strategi; SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:58
Last Modified: 10 Apr 2023 01:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8622

Actions (login required)

View Item View Item