Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran dana talangan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia,Tbk Cabang Padangsidimpuan

Utari, Lin Putri (2023) Strategi pemasaran dana talangan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia,Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100264.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Produk Prohajj merupakan produk pembiayaan dana talangan haji terbaru di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Padangsidimpuan. Produk ini ditawarkan sejak bulan November 2021. Nasabah talangan haji di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Padangsidimpuan masih stagnan perkembangannya berkisar 13 orang atau 14 orang setiap bulannya, hal ini dapat dipahami bahwa belum ada perkembangan yang signifikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan pihak PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah nasabah talangan haji. Teori-teori dalam pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yang mencakup pengertian strategi pemasaran, tahapan strategi pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix), dan variabel-variabel marketing mix. Kemudian membahas mengenai dana talangan haji yang mencakup pengertian dana talangan haji, fatwa dewan syariah nasional tentang dana talangan haji, dan prinsip dana talangan haji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan wawancara dengan pihak marketing dan karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan adalah bauran pemasaran (marketing mix) yaitu dengan 7P (product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence). Promosi yang dilakukan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan adalah melalui segmenting, targeting dan positioning. Promosi yang paling sering dilakukan Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan adalah dengan door to door dan melakukan promosi melalui social media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Adanan Murroh Nasution, M.A.
Keywords: Strategi pemasaran; Meningkatkan; Dana talangan haji
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2023 05:02
Last Modified: 27 Mar 2023 05:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item