Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan pemahaman generasi z terhadap produk bank syariah (studi kasus mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Rosiani, Rosiani (2023) Determinan pemahaman generasi z terhadap produk bank syariah (studi kasus mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Produk bank syariah merupakan produk yang ditawarkan bank syariah yang berupa produk penghimpunan dana, penyaluran dana, dan produk jasa. Sebagai mahasiswa prodi perbankan syariah yang termasuk sebagai generasi Z sudah seharusnya tidak asing dan paham dengan produk bank syariah. Yang mana pasti setiap semesternya dalam pembelajaran ada membahas terkait produk bank syariah. Namun pada kenyataannya masih banyak generasi Z yaitu mahasiswa prodi perbankan syariah yang minim pemahamannya terhadap produk bank syariah. Minimnya pemahaman terhadap produk bank syariah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Yang mana beberapa diantaranya adalah faktor metode pembelajaran dosen, literasi keuangan, dan pengalaman menjadi nasabah. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode pembelajaran dosen, literasi keuangan, dan pengalaman menjadi nasabah terhadap produk bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajaran dosen, literasi keuangan, dan pengalaman menjadi nasabah terhadap produk bank syariah. Teori yang diguanakan dalam penelitian ini adalah pemahaman, generasi Z, produk perbankan syariah, metode pembelajaran dosen, literasi keuangan, dan pengalaman menjadi nasabah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 74 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji f dengan menggunakan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel metode pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman generasi Z terhadap produk bank syariah dengan nilai thitung > ttabel (3,539 > 1,66691). Variabel literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap pemahaman generasi Z terhadap produk bank syariah dengan nilai thitung > ttabel (0,746 < 1,66691). Pengalaman menjadi nasabah tidak berpengaruh terhadap pemahaman generasi Z terhadap produk bank syariah dengan nilai thitung > ttabel (0,198 < 1,66691). Sedangkan secara simultan menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran dosen, literasi keuangan, dan pengalaman menjadi nasabah terhadap pemahaman generasi Z terhadap produk bank syariah dengan nilai Fhitung > Ftabel (4,325 > 2,16).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Metode pembelajaran dosen; Literasi keuangan; Pengalaman menjadi nasabah; Produk bank syariah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:58
Last Modified: 27 Mar 2023 03:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8540

Actions (login required)

View Item View Item