Tarihoran, Wilda Lestari (2023) Pengaruh tingkat pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada produk gadai emas di Pegadaian Syariah Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740100183.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pegadaian syariah merupakan lembaga keuangan syariah dengan sistem gadai yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah. Usaha gadai adalah kegiatan meminjamkan barang-barang berharga kepada pihak-pihak tertentu guna memperoleh sejumlah uang dan barang yang dijaminkan akan ditebus kembali sesuai dengan perjanjian antara nasabah dengan lembaga gadai. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh tingkat pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada produk gadai emas di pegadaian syariah kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Gadai. Pendekatan yang dilakukan berdasarkan tori-teori yang dikemukakan berkaitan dengan tingkat kepuasan, tingkat kepuasan nasabah adalah tingkatan dimana kinerja anggapan produk sesuai dengan ekspentasi pembeli. Selanjutnya pelayanan setiap kegiatan atau manfaat yang diberikan suatu pihak kepada pihak lainnya yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu dan produksinya dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk fisik. Kemudian gadai emas syariah adalah pemberian pinjaman secara syariah dengan sistem gadai yang diberikan keseluruh golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif maupun produkif dengan jaminan emas dan berlian. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Taro Yaname dengan jumlah sampel 95 orang. Uji yang digunakan meliputi, Uji Validitas, dibantu dengan program spss 26. Hasil penelitian ini bahwa secara Uji Realibilitas untuk variabel layanan (X) 0,889 > 0,60 dan untuk variabel kepuasan nasabah (Y) 0,74 > 0,60 maka dinyatakan reliabel. Tingkat pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan berdasarkan Uji Hipotesis secara parsial (Uji t) pada Pegadaian Syariah menunjukkan bahwa variabel layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah karena thitung > ttabel (9,27 > 0,10). Dilihat bahwa Square sebesar 0,562. Hal ini berrati bahwa variabel X (pelayanan) memiliki pengaruh positif terhadap Y (kepuasan nasabah) sebesar 56%. Sedangkan sisanya sebesar 44% dipengaruhi oleh variabel ;ain yang tidak dite;iti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si. dan H. Ali Hardana, S.Pd. M.Si. |
Keywords: | Tingkat pelayanan; Kepuasan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 01:45 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 01:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8483 |
Actions (login required)
View Item |