Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk pembiayaan multiguna sepeda motor pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Hairani, Henni (2022) Strategi pemasaran produk pembiayaan multiguna sepeda motor pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya promosi yang dilakukan oleh PT. Bank Sumut Cabang Syariah, sehingga tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang produk pembiayaan multiguna sepeda motor pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan masih kurang, hal ini terjadi karena kurang efektifnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain berkaitan dengan pengertian strategi, pemasaran, tujuan pemasaran, unsur-unsur pemasaran, faktor-faktor, strategi pemasaran, strategi pemasaran bank syariah, pengertian pembiayaan multiguna dan akad pembiayaan multiguna. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah karyawan Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti lakukan, strategi yang dilakukan Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan adalah dengan menerapkan konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran, serta dengan menerapkan empat unsur yang terdapat pada bauran pemasaran atau marketing mix yakni strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi dengan berbagai macam cara seperti melakukan inovasi gabungan antara pembiayaan multiguna sepeda motor yang memberikan peluang bagi nasabah untuk mendapat cicilan relatif ringan, membuat brosur, bekerja sama dengan showroom yang sudah kerjasama dengan Memorandum of Understanding (MoU)/perjanjian kerja sama, Melakukan promosi penjualan ke dinas ketenaga kerjaan ataupun PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang berada di Kota Padangsidimpuan. Faktor yang memengaruhi menurunnya jumlah nasabah atau tidak tercapainya target pembiayaan multiguna sepeda motor dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu di bagian unit terbatas (bagian barang), karena otomatis untuk menunggu unit (barang) tersebut ada, sehingga pencairan untuk sepeda motor itu akan menjadi lama ataupun terlambat dan menyebabkan nasabah menunggu untuk mendapatkan sepeda motor tersebut. Faktor eksternal yang menjadi kendala adalah pesaing antar bank yamg sudah mulai bersaing dalam memasarkan produk pembiayaan sepeda motor ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Strategi; Pemasaran; Pembiayaan multiguna
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:54
Last Modified: 27 Feb 2023 07:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item