Khair, Muhammad Fadli (2016) Etika pelayanan marketing PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dalam mempromosikan produk kepada pedagang Pasar Ucok Kodok Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 220 0113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah para pedagang beranggapan Bank Syariah tersebut sama dengan Bank Konvensional, yakni dari cara penilaian mereka terhadap Bank Syariah adalah kurangnya keramahan dari cara etika dalam melayani nasabah serta cara mempromosikan produk-produk yang disediakan Bank Syariah kepada pedagang. Oleh karena itu para pedagang tersebut masih berfikir memilih Bank Syariah dan mereka memutuskan untuk menggunakan Bank Konvensional. Sampai sekarang nasabah pedagang di pasar Ucok Kodok Padangsidimpuan masih sedikit yang menabung di Bank SUMUT Cabang Syariah dari tahun 2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana etika pelayanan marketing PT Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dalam mempromosikan produk kepada Pedagang Pasar Ucok Kodok Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui etika pelayanan marketing PT Bank SUMUT Cabang Syariah dalam mempromosikan produk terhadap Pasar Ucok Kodok Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini adalah tentang pelayanan dan promosi produk. Pelayanan adalah kegiatan pemberian jasa dari suatu pihak pada pihak lainnya, dan promosi adalah kegiatan setiap bank yang berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimilikinya baik langsung maupun tidak langsung. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif-deskriptif. Kemudian instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pedagang pasar Ucok Kodok Padangsidimpuan yang telah menjadi nasabah di PT Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa etika pelayanan marketing karyawan PT Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dinilai oleh pedagang/nasabah dari segi kejujuran dan dapat dipercaya yaitu jujur tidak pernah berbohong dan tidak pernah bermain dengan simpanan nasabahnya, etika dalam melayani nasabahnya yaitu setiap berjumpa mengucapkan salam, ramah, sopan dan santun, berpenampilan rapi dan menarik yaitu berpakaian sesuai dengan syariah, rapi dan harum, siap membantu dan melayani nasabahnya yaitu siap melayani nasabah apabila terjadi kesalahpahaman serta menjamin kecepatan layanan yang memuaskan yaitu karyawan tersebut langsung datang apabila nasabah ingin menabung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rosnani Siregar, M. Ag dan H. Ali Hardana, M. Si |
Keywords: | Bank Syariah; Promosi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 31 Mar 2020 05:09 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 03:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/84 |
Actions (login required)
View Item |