Pane, Nurhanipa (2022) Strategi promosi Bank Syariah Indonesia terhadap masyarakat Kelurahan Arse Nauli tahun 2021-2022 (studi kasus BSI KCP Sipirok). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan bahwa kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bank syariah serta kurangnya informasi yang berkaitan dengan produk bank syariah bahkan masyarakat tidak tahu keberadaan bank syariah itu sendiri, khususnya masyarakat Kelurahan Arse Nauli. Oleh karena itu, Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok perlu melakukan strategi promosi terhadap masyarakat Kelurahan Arse Nauli supaya masyarakat memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang Bank Syariah Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi Bank Syariah Indonesia terhadap masyarakat Kelurahan Arse Nauli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi Bank Syariah Indonesia tehadap masyarakat Kelurahan Arse Nauli. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan ilmu perbankan syariah yaitu teori tentang Bank Syariah, teori tentang promosi dan teori tentang strategi. Teori yang terakhir yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang masyarakat, masyarakat yang dimaksud khususnya masyarakat Kelurahan Arse Nauli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode informan dalam penelitian ini Branch Operations & Manajer Service, Operations Staff, Staff Marketing, Customer Service, Teller dan Retail Sales Executive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi Bank Syariah Indonesia terhadap masyarakat Kelurahan Arse Nauli dilakukan melalui strategi promosi dengan periklanan, strategi promosi dengan penjualan pribadi, strategi promosi dengan promosi penjualan, strategi promosi dengan hubungan masyarakat dan strategi promosi dengan publisitas. Strategi BSI yang paling efektif dalam melakukan promosi terhadap masyarakat Kelurahan Arse Nauli yaitu strategi promosi dengan hubungan masyarakat dan strategi promosi dengan periklanan. Kendala yang dihadapi Bank Syariah Indonesia KCP Sipirok dalam melakukan strategi promosi terhadap masyarakat Kelurahan Arse Nauli yaitu kendala secara internal dan kendala secara eksternal. Setelah dilakukan strategi promosi tersebut membuat masyarakat mulai paham dan mengerti tentang produk-produk dan jasa serta sudah mulai paham menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Azwar Hamid, M.A. dan Sarmiana Batubara, M.A. |
Keywords: | Bank syariah; Masyarakat; Promosi; dan Strategi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:46 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8386 |
Actions (login required)
View Item |