Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan mabrur di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua

Harahap, Sarwina Danayanti (2022) Strategi pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan mabrur di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100283.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Jumlah nasabah tabungan mabrur cenderung menurun dari tahun 2020-2021. Adapun penyebabnya yaitu pandemi Covid-19 ini mengakibatkan permasalahan yang cukup serius, terdapat dua faktor menurunnya pendaftaran haji selain Covid-19 yaitu pembatasan jama’ah haji dan masalah perekonomian, maka nasabah tabungan mabrur menurun. PT Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua sudah memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah akan tetapi jumlah nasabah tabungan mabrur belum mencapai target yang diharapkan. Rumusan masalahnya yaitu bagaimana strategi pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan mabrur di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan ilmu perbankan syariah yaitu: customer service, pelayanan, strategi dan tabungan mabrur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diolah adalah simpulan dari hasil wawancara di lapangan dengan customer service PT Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua. Analisis data yang digunakan adalah dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian strategi customer service dalam memberikan pelayanan yaitu bersikap ramah, komunikatif, resvoniveness (cepat tanggap), competence (kompetensi), menawarkan produk lain, contribution (kontribusi), service excellent (pelayanan prima), trusted & trust (percaya dan dipercaya), berpenampilan menarik serta disiplin dalam menjalankan tugas adalah kunci keberhasilan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Arti Damisa, M.E.I.
Keywords: Customer service; Pelayanan; Strategi; Tabungan mabrur
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:32
Last Modified: 20 Feb 2023 04:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8375

Actions (login required)

View Item View Item