Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran Pegadaian Syariah dalam mempertahankan market share (studi kasus pada Unit Pegadaian Syariah Madina)

Ritonga, Silvi Pradina (2022) Strategi pemasaran Pegadaian Syariah dalam mempertahankan market share (studi kasus pada Unit Pegadaian Syariah Madina). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bertambahnya jumlah nasabah setiap tahun belum tentu dapat mencapai target jumlah nasabah yang ditargetkan pada setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran unit Pegadaian Syariah Madina dalam mempertahankan market share dan untuk mengetahui kelebihan serta kelemahan strategi pemasaran Unit Pegadaian Syariah dalam mempertahankan Market Share. Pembahasan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan strategi pemasaran, market share, Pegadaian Syariah. Sehubungan dengan ini pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan bidang tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara dengan karyawan Unit Pegadaian Syariah Madina, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Unit Pegadaian Syariah Madina menggunakan semua elemen strategi pemasaran seperti STP (Segmenting, Targeting dan Positioning), Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence), yaitu menawarkan produk yang beragam, harga yang cukup murah dan terjangkau, lokasi yang cukup strategis, promosi dengan melakukan cross selling, pelayanan yang baik, proses transaksi yang cepat, dan tata ruangan yang cukup nyaman. Secara spesifik Unit Pegadaian Syariah Madina peneliti menemukan cara promosi yang cukup unik, yaitu promosi melalui kegiatan pengajian, perkumpulan dan arisan ibu-ibu. Adapun Kelebihan strategi pemasaran Unit Pegadaian Syariah Madina yaitu pada product, price, dan positioning. Kelemahan Unit Pegadaian Syariah Madina dari segi kebijakan pemasaran, dimana strategi pemasaran yang dilakukan secara umum bersifat intruksi, sehingga belum mampu menjangkau seluruh pasar potensial, mengingat kebutuhan pemasaran setiap daerah cenderung berbeda. Kelemahan dari segi promosi, belum adanya marketer yang bertugas secara khusus memasarkan produk Unit Pegadaian Syariah Madina. Serta munculnya pegadaian-pegadaian swasta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A. dan M. Fauzan, M.E.I.
Keywords: Market share; Pegadaian syariah; Strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:59
Last Modified: 13 Feb 2023 03:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8359

Actions (login required)

View Item View Item