Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan konseling cognitif behavioral theraphy (CBT) dalam mengatasi kecanduan game higgs domino (Scater) pada remaja di Desa Huraba Kecamatan Siabu

Ulva, Sophia (2023) Penerapan konseling cognitif behavioral theraphy (CBT) dalam mengatasi kecanduan game higgs domino (Scater) pada remaja di Desa Huraba Kecamatan Siabu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1830200046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini dimulai dari hasil observasi terhadap remaja yang mengalami kecanduan Game Higgs Domino Scatter di Desa Huraba Kecamatan Siabu. Remaja yang mengalami kecanduan Game Scater mengalami gejala seperti kebiasaan berfikir tentang bermain game sepanjang hari, durasi bermain game online yang semakin meningkat, bermain game online untuk melarikan diri dari masalah yang sedang dihadapi, dan yang paling parahnya lagi game ini dijadikan ajang pencarian uang. Rumusan masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah:1. Bagaimana penerapan konseling Cognitif Behavioral Theraphy (CBT) dalam mengatasi kecanduan Game Higgs Domino (Scatter) pada remaja di Desa Huraba Kecamatan Siabu 2. Bagaimana hasil penerapan konseling Cognitif Behavioral Theraphy (CBT) dalam mengatasi kecanduan Game Higgs Domino (Scatter) pada remaja di Desa Huraba Kecamatan Siabu Konseling Cognitif Behavioral Theraphy (CBT) adalah gabungan antara terapi perilaku dan terapi kognitif yang didasarkan pada asumsi bahwa perilaku secara bersamaan dipengaruhi oleh pemikiran, perasaan, proses fisiologis serta konsekuensinya pada perilaku. Cognitif Behavioral Theraphy (CBT) berpusat pada proses berfikir. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan tindakan atau Partisipation Action Research. Sumber data yang digunakan: Data primer, yaitu remaja sebanyak 4 orang di dapat dari hasil angket yang dibuat oleh peneliti. dan data skunder yang diperoleh dari Orang Tua dari Remaja yang kecanduan terhadap game (scatter) ,Teman Sebaya 5 orang, Kepala Desa, dan Masyarakat sekitar yang berada di Desa Huraba Kecamatan Siabu. Hasil Penerapan konseling cognitif behavioral theraphy (CBT )dengan 2 siklus.: yaitu dari saudara Ilham Syahputra perubahan durasi bermain game scatter dari 7 jam menjadi 2 jam. Dari saudara Rizkyansyah Perubahan durasi bermain game scatter dari 7 jam menjadi 1 ½ jam. Dari saudara Fendi perubahan durasi bermain game scatter dari 6 jam menjadi 1 ½ jam. Begitu juga dengan saudara Nhawfal Perubahan durasi bermain game scatter dari 7 jam menjadi 2 jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fauzi Rizal, S.Ag., M.A. dan Risdawati Siregar, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Cognitif behavioral theraphy; Remaja; Kecanduan; Game Scater
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Feb 2023 09:24
Last Modified: 07 Feb 2023 09:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item