Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan berulang mata pelajaran matematika Kelas III UPTD SDN 04 Hajoran Kecamatan Sungai Kanan

Lubis, Siti Julaiha (2022) Penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan berulang mata pelajaran matematika Kelas III UPTD SDN 04 Hajoran Kecamatan Sungai Kanan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah disebabkan pada proses pembelajaran guru masih kurang dalam pemanfaatan media pembelajaran, hal ini menyebabkan siswa masih kurang aktif dan kurang memperhatikan penjelasan guru mengenai materi yang disampaikan sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan guru. Penelitian ini merumuskan masalah pada apakah melalui penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan berulang mata pelajaran matematika kelas III-a UPTD SDN 04 Hajoran Kecamatan Sungai Kanan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan berulang mata pelajaran matematika kelas III-a UPTD SDN 04 Hajoran Kecamatan Sungai Kanan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model kurt lewin yang terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-a UPTD SDN 04 Hajoran, Kecamatan Sungai Kanan. Intsrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru, soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa, wawancara untuk mengumpulkan data, serta dokumentasi pada proses penerapan media gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada kondisi awal yaitu 55, kemudian setelah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media gambar berbasis montase pada siklus I pertemuan I dan II mengalami peningkatan dengan nila rata-rata pada pertemuan II menjadi 65 dengan ketuntasan 47,36%, setelah melakukan kegiatan refleksi pada siklus I pertemuan I dan II, kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada pertemuan I dan II sehingga nilai rata-rata pada pertemuan II menjadi 80 dengan ketuntasan 89,47% dan telah mencapai KKM yang ada di UPTD SDN 04 Hajoran Kecamatan Sungai Kanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Penerapan media gambar; Hasil belajar; Penjumlahan berulang; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:08
Last Modified: 30 Jan 2023 02:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item View Item