Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pengetahuan konsumen mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Sari, Ratna (2016) Pengaruh pengetahuan konsumen mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15MB)

Abstract

Jumlah nasabah tabungan pada Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan periode 2014 sampai dengan Juli 2016 sebanyak 14410 nasabah. Jumlah nasabah memilih tabungan pada Bank Muamalat mengalami peningkatan dan penurunan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan. Pembahasan ini berkaitan dengan ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perbankan syariah, perilaku konsumen, pengetahuan produk, pengetahuan pembelian, pengetahuan pemakaian dan proses pengambilan keputusan oleh konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dengan sampel 125 nasabah. Pengolahan data dilakukan pada SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan produk berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung > ttabel (1,807 > 1,645) kemudian pengetahuan pembelian berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung > ttabel (7,989 > 1,645) sedangkan pengetahuan pemakaian tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai thitung < ttabel (-0,413 < 1,645). Secara simultan pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian berpengaruh dengan nilai Fhitung > Ftabel (24,302 > 2,68). Dari uji koefisien determinasi pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian mampu mempengaruhi keputusan menjadi nasabah sebesar 36,1% sedangkan sisanya 63,9% dipengaruhi faktor lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST., MM dan Azwar Hamid, MA
Keywords: Pengetahuan Konsumen; Keputusan Menjadi Nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 31 Mar 2020 05:10
Last Modified: 10 Jul 2020 02:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item