Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media audio visual untuk peningkatan nilai-nilai sosial pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan

Harahap, Yusra (2022) Pengembangan media audio visual untuk peningkatan nilai-nilai sosial pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran di kelas V terutama kelas Vc pada pembelajaran tematik guru hanya menggunakan gambar, audio dan Pawer Poin. Disampingitu guru menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan model ceramah dan diskusi. Ketika proses pembelajaran dilakukan ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan gurunya seperti mengganggu temannya, mengantuk saat pembelajaran dan sibuk sendiri di mejanya. Hal ini membuat waktu siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Mengatasi permasalahantersebut, maka perlua danya tambahan media pembelajaran yang menarik yaitu berupa media auido visual. Berdasarkan permasalahan diatas untuk mencapai kompetensi sikap yang sesuai dengan Permendikbud No. 24 tahun 2016 yang mengatur tentang kurikulum 2013 terutama pada penilaian sikap, maka diperlukan media yang sesuai dengan materi pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media audio visual. Tujuandari penelitianini untuk mengenalkan dan mengembangkan pengembangan media audio visual untuk peningkatan nilai-nilai sosial pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Metedologi penelitian yaitu Research and Develoment (R&D) dengan model ADDIE, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan dengan subjek uji coba produk kelas Vc berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket serta menggunakan teknik analisis rancangan dan praktilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dirancang telah memenuhi syarat digunakan sebagai media pembelajaran audio visual. Media audio visual dirancang dengan menggunakan dua aplikasi yaitu aplikasi Platagon dan aplikasi Kine Master. Media audio visual yang dirancang dengan bentuk flim mengenai nilai-nilai sosial yang ada disekitar kita. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 85% (sangat valid), ahli media 94% (sangat valid) dan ahli bahasa 86% (sangat valid) sehingga hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 88,3% dengan kategori sangat valid. Kemudian praktikalitas media audio visual dengan menggunakan angket respon siswa dinyatakan praktis secara keseluruhan sebesar 80%. Berdasarkan persentase sikap nilai sosial siswa pada kondisi awal 79% (Baik) sedangkan pada kondisi akhir 85% (Sangat Baik). Dengan adanya peningkatan yang signifikan pada penilaian sikap nilai sosial siswa sesudah penggunaan media audio visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Hj. Hamidah, M.Pd.
Keywords: Media audio visual; Nilai-nilai sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:03
Last Modified: 27 Jan 2023 04:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item