Fitriani, Khadijah (2022) Pengaruh model interaksi sosial menggunakan metode index card match (ICM) terhadap partisipasi belajar siswa pada materi pokok lingkaran di Kelas VIII SMP N 1 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya interaksi sosial yang memicu rendahnya partisipasi belajar siswa di dalam kelas baik antar sesama siswa maupun siswa dengan guru. Salah satu upaya untuk membangkitkan partisipasi belajar siswa yaitu dengan merubah model serta metode pembelajarannya yaitu dengan model dan metode yang menyenangkan lagi aktif yang memberikan peluang bagi siswa untuk berpartisipasi aktif baik intelektual maupun emosional. Model interaksi sosial menggunakan metode index card match adalah salah satu diantara solusinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model interaksi sosial menggunakan metode index card match (ICM) terhadap partisipasi belajar siswa pada materi pokok lingkaran di kelas VIII SMP N 1 Sipirok, serta bagaimana partisipasi belajar siswa dengan diterapkannya model interaksi sosial menggunakan metode index card match (ICM) pada materi pokok lingkaran di kelas VIII SMP N 1 Sipirok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model interaksi sosial menggunakan metode index card match (ICM) terhadap partisipasi belajar siswa pada materi pokok lingkaran di kelas VIII SMP N 1 Sipirok, serta untuk mengetahui bagaimana partisipasi belajar siswa dengan diterapkannya model interaksi sosial menggunakan metode index card match (ICM) pada materi pokok lingkaran di kelas VIII SMP N 1 Sipirok. Jenis penelitian ini menggunakan mixed methods dengan menggunakan model explanatory research design. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan observasi,. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan terhadap data hasil angket diperoleh t_hitung > t_(tabel )atau 6,60 > 0,2221 sehingga H_0 ditolak H_1 diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model interaksi sosial menggunakan metode index card match (ICM) terhadap partisipasi belajar siswa pada materi pokok lingkaran di kelas VIII SMP N 1 Sipirok. Sedangkan berdasarkan data hasil obserasi menunjukkan bahwa semua siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Suparni, S.Si, M.Pd. dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si. |
Keywords: | Model interaksi sosial; Metode index card match; Partisipasi belajar; Lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 03:28 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8272 |
Actions (login required)
View Item |