Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan sikap beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas Utara

Hafriani, Lilis (2022) Strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan sikap beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada dasarnya siswa diharapkan memiliki sikap beragama yang sesuai dengan ajaran Islam. Sikap beragama ini tercermin dalam kepribadian dan tingkah laku siswa setiap hari. Namun di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas Utara, adanya siswa yang meninggalkan shalat lima waktu, tidak menghormati orangtua, berkata kasar, dan meninggalkan jam pelajaran. Peran guru sangat dibutuhkan utamanya guru akidah akhlak dalam menerapkan strategi yang dinilai tepat untuk menjadikan nilai-nilai agama dalam membentuk kesadaran dan tingkah laku beragama siswa juga ketaatannya kepada Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas utara dan bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan sikap beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui sikap beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas Utara dan mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan sikap beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan fenomena-fenomena sosial yang bersifat fakta dan memanfaatkan metode juga logika ilmiah. Dengan instrumen penelitiannya yaitu pedoman observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian dan pembahasan ini adalah bahwa sikap beragama yang ditunjukkan siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Padang Lawas Utara adalah disiplin mengikuti shalat berjamaah, disiplin mengikuti kegiatan keagamaan, berkata sopan dan saling tolong menolong, menaati peraturan madrasah. Adapun strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan sikap beragam siswa ialah menerapkan beberapa strategi di antaranya belajar mencari dan menemukan sendiri (enquiry-discovery learning), dan juga pendidikan humanis (humanistic education). Selain strategi tersebut, dalam mengembangkan sikap beragama siswa guru juga menerapkan strategi di antaranya keteladan, memberi nasehat, memberi motivasi, pembiasaan dan pelaksanaan kegiatan ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Strategi; Guru akidah akhlak; Sikap beragama
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:42
Last Modified: 12 Jan 2023 02:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8269

Actions (login required)

View Item View Item