Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelayanan dan produk terhadap kepuasan nasabah bank syariah (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Padangsidimpuan)

Efendi, Mizwar (2022) Pengaruh pelayanan dan produk terhadap kepuasan nasabah bank syariah (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas produk dan layanan yang dikehendaki nasabah, sehingga jaminan kulitas menjadi kualitas utama bagi suatu perusahaan. Namun pada Bank Syariah nasabah tidak nyaman sehingga berdampak pada kepuasan nasabah terhadap produk dan pelayanan bank syariah, karena kurang optimalnya pelayanan path mensi keandalan (reability). Serta mengetahui pengaruh pelayanan dan produk terhadap kepuasan nasabah bank syariah (studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Padangsidimpuan). Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Perbankan Syariah dimana Pelayanan pada dasarnya adalah kegiatan yang dilakukan atau di tawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada konsumen, yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Produk adalah sesuatu yang memeberikan manfaat baik itu bersifat fisik ataupun abstrak, berguna dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga sesuatu yang sifatnya abstrak ataupun berwujud tersebut yang ingin dimiliki atau digunakan oleh nasabah. Kepuasan nasabah merupakan harapan awal atau bisa disebut dengan ekspektasi dari setiap nasabah untuk mendapatkan sesuatu, baik itu jasa ataupun produk. Penelitian ini penelitian kuantitatif Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik menggunakan sampel yaitu accidental sampling. Dan teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas, reliabelitas, normalitas, regresi linier berganda, uji koefesien determinasi, uji t dan uji f menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pelayanan secara persial terhadap kepuasan nasabah bank syariah (studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Padangsidimpuan). Terdapat pengaruh pelanan dan poduk secara simultan terhadap kepuasan nasabah bank syariah (studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Padangsidimpuan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Kepuasan nasabah; Pelayanan; Produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:47
Last Modified: 10 Dec 2022 02:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8214

Actions (login required)

View Item View Item