Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menabung di Bank Syariah Mandiri (studi kasus mahasiwa FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Hutagalung, Azi Sofyan (2022) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menabung di Bank Syariah Mandiri (studi kasus mahasiwa FEBI IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100221.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah merupakan suatu konsep tentang bank yang ideal bagi umat Islam, karena pelaksanaanya sesuai dengan petunjuk dalam Al-Quran dan Hadist yang telah dijabarkan dan dicontohkan oleh filusuf-filusuf Islam dimasa lampau. Minat adalah kecenderungan efektif seseorang untuk membuat pilihan aktivitas, kondisi-kondisi individual dapat merubah minat seseorang. Timbulnya minat mahasiswa menabung dikarenakan beberapa faktor yaitu Religiusitas, Fasilitas, dan Promosi. Religius merupakan tingkat keterikatan individu terhadap agamanya. Fasilitas merupakan sesuatu yang sudah menjadi kewajiban yang dapat menunjang keberlangsungan dan kelancaran layanan jasa yang diberikan. Promosi sangat penting dalam menarik minat nasabah. Dalam hal ini setiap bank berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimilikinya baik secara langsung maupun tidak langsung. Promosi merupakan sarana paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Minat lebih di kenal sebagai keputusan pemakaian atau pembelian jasa atau produk tertentu. Keputusan pembelian merupakan suatu proses pengambilan keputusan atas pembelian yang mencakup penentuan apa yang akan dibeli. Menurut Evi dan Muhammad Farid, Religiusitas adalah internalisasi nilai-nilai agama dalam diri seseorang. Internalisasi berkaitan dengan kepercayaan terhadap ajaran-ajaran agama baik di dalam hati maupun dalam ucapan. Menurut Tjiptono, fasilitas merupakan suatu paket jasa yang diartikan sebagai suatu bundel yang terdiri atas barang dan jasa yang disediakan dalam lingkungan tertentu. Tjiptono juga menjelaskan bahwa fasilitas penunjang adalah sumber daya fisik yang harus ada sebelum suatu jasa dapat ditawarkan kepada konsumen. Menurut Kotler dalam jurnal Mustari Faisal, Promosi adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya dan membujuk konsumen sasaran agar membelinya. Lokasi penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret 2020 sampai bulan Desember 2021. Berdasarkan uji F terlihat nilai fhitung sebesar = 1,323 < 2,71 ftabel maka Ho diterima artinya tidak terdapat pengaruh secara positif religiusitas, fasilitas dan promosi terhadap menabung secara simultan. Selain melihat dari nilai fhitung akan tetapi bisa dilihat dari nilai signifikansi yang dimana diperoleh nilai signifikansi 0,272 > 0,05 yang mana ketiga variabel bebas tidak berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, M.A. dan Ja’far Nasution, Lc., M.A.
Keywords: Religiusitas; Fasilitas; Promosi; dan Minat
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:02
Last Modified: 23 Nov 2022 04:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item