Harahap, Rohaya (2022) Tinjauan etika bisnis islam terhadap kegiatan jual beli di Pasar Matanggor Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Kegiatan jual beli merupakan salah satu kebutuhan masyarakat sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Seiring dengan berkembangnya zaman, yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat menimbulkan banyak persaingan. Perilaku menyimpang tersebut banyak dijumpai di pasar tradisional antara lain pengurangan timbangan, pencampuran barang kualitas rendah dengan kualitas bagus, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek kegiatan jual beli dan untuk mengetahui kegiatan jual beli di Pasar Matanggor sudah sesuai dengan prinsip Islam. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pengertian etika bisnis Islam, prinsip etika bisnis dalam Islam, pengertian jual beli, syarat-syarat jual beli, landasan hukum jual beli, rukun jual beli, macam-macam jual beli, konsep bisnis dalam Al-quran, prinsip-prinsip Islam dalam perdagangan, dan prilaku bisnis syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriftif. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. wawancara sebagai sumber data primernya dengan mewawancarai pihak pengelola pasar, pembeli dan pedagang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa Perilaku pedagang dalam praktik jual beli yang dilakukan pedagang ada prinsip yang terpenuhi yakni prinsip kesatuan, prinsip kehendak bebas dan prinsip kebenaran. Kesesuaian prinsip tersebut di tunjukkan oleh pedagang dalam berdagang senantiasa diniatkan ibadah dan mereka juga memberikan kebebasan kepada pembeli dan juga bersikap jujur, ramah tamah dan sopan kepada pembeli. Adapun yang belum terpenuhi yaitu prinsip keseimbangan dan prinsip tanggung jawab. Hal tersebut ditunjukkan pedagang dalam memberikan informasi terhadap barang yang dijualnya kurang jelas, dan tidak memberikan pelayanan yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Windari, S.E., M.A. dan Ja’far Nasution, M.E.I. |
Keywords: | Etika bisnis islam; Jual beli |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 02:12 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 02:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8201 |
Actions (login required)
View Item |