Sarifah, Sarifah (2022) Peran agen terhadap permintaan asuransi jiwa berbasis syariah pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 Cabang Padangsidimpun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100195.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh untuk mengetahui bagaimana Peran Agen Terhadap Permintaan Asuransi Jiwa Berbasis Syariah pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 Cabang Padangsidimpuan dalam berbagai permasalahan yang terjadi. Oleh karenaitu, agen yang berkualitas mampu berperan penting didalam perusahaan asuransi syariah, tanpa agen berkualitas dan produk kegiatan dalam asuransi syariah tidak mungkin berjalan dengan baik. Rumusan masalah Bagaimana Peran Agen Terhadap Permintaan Asuransi Jiwa Berbasis Syariah Pada PT.AsuransiJiwaBumiputera 1912 Cabang Padangsidimpuandanfaktor apasaja yang mempengaruhi sesorang tertarik dalam menggunakannya. Tujuan penelutian untuk mengetahui Bagaimana Peran Agen dan faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang tertarik dalam menggunakannya. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Peranasuransi yakni mendorong para pakar pemasaran dunia terutama yang tergabung dalam “payung” profesional” World Marketing Association (WMA). Agen Asuransi adalah orang yang bekerja sendiri atau bekerja pada badan usaha, yang bertindak untuk dan atas nama perusahaan asuransi syariah. Permintaan Asuransi merupakan permintaan konsumen terhadap sesuatu barang dan jasa. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian kulitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, informal penelitian ini adalah karyawan pada PT. Asuransi jiwa bumiputera 1912 cabang padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Agen mampu meyakinkan nasabah agar nasabah tertarik menjadi peserta asuransi berbasis syariah melalui promosi dengan kunjungan langsung kerumah, membagikan brosur dijalanan atau ditempat-tempat tertentu kepada nasabah. Selain promosi agen juga bertugas mengenai penyetoran dan juga mengenai penyelesaian keluhan dari produk asuransi jiwa. Faktor-faktor yng menpengaruhi seseorang tertarik dalam memilih Peran Agen Terhadap Permintaan Asuransi Jiwa Berbasis Syariah disebabkan karena adanya faktor internal, faktor promosi dan factor situasi. Ketiga factor tersebut yang sangat mempengaruhi permintaan asuransi jiwa syariah sehingga perusahaan harus mampu terutama memenuhi kebutuhann asabah agar bisa menarik minatnya untuk berkontribusi dalam perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag. dan Ja’far Nasution, M.E.I. |
Keywords: | Peran agen; Asuransi syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150204 Insurance Studies 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012722 al-Takaful (Islamic Insurance) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 08:10 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 05:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8190 |
Actions (login required)
View Item |