Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis SWOT pada PT. Duta Tangkas Utama Kabupaten Tapanuli Tengah

Wahyudi, Pebri (2022) Analisis SWOT pada PT. Duta Tangkas Utama Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200270.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Persoalan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk es batu di PT. Duta Tangkas Utama Kabuputen Tapanuli Tengah, yang mana strategi yang digurnakan masih langsung terjun kelapangan menjumpai pelanggan, kurang memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dan strategi pemasarana untuk meningkatkan penjualan produk es batu di PT. Duta Tangkas Utama. Kemudian tujuannya yaitu untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dan strategi pemasarana untuk meningkatkan penjualan produk es batu di PT. Duta Tangkas Utama. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari landasan teori yang mencakup teori mengenai penjualan, teori strategi pemasaran, dan analisis SWOT serta beberapa kajian terdahulu yang terdiri dari beberapa karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif karena maksud dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk es batu di PT. Duta Tangkas Utama. Dengan subjek penelitian yaitu kepala bagian pemasaran, kepala bagian teknik dan juga karyawan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi dari lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis SWOT, dan metode yang digunakan yaitu matrik SWOT. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa analisis kekuatan yaitu kualitas produk terjamin, pelayanan pengiriman barang tepat waktu, lokasi yang strategis, harga yang masih terjangkau, sedangkan kelemahan yaitu kurangnya promosi, permasalahan pada mesin produksi dan stok air untuk membuat es. Peluang yang dimiliki yaitu kemajuan teknologi, loyalitas pelanggan, peluang pangsa pasar. Ancaman yang dihadapi yaitu persaingan dagang, permainan harga dari pesaing, faktor alam. Hasil penelitian yang meunjukkan bahwa PT. Duta Tangkas Utama memperoleh nilai skor EFAS yaitu 3.8 yang menggambarkan perusahaan ini merespon peluang yang ada dan cukup mampu menghadapi ancaman yang dihadapi perusahaan tersebut. Sedangkan pada nilai skor IFAS yaitu 3,0 yang berarti menandakan posisis internal dalam perusahaan cukup kuat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, M.M. dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I.
Keywords: Penjualan; Strategi pemasaran; SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:07
Last Modified: 23 Nov 2022 04:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item