Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Sikap masyarakat terhadap pinjaman online

Siregar, Lismayanti (2022) Sikap masyarakat terhadap pinjaman online. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan zaman dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang signifikan sehingga melahirkan banyak kemudahan baru dalam proses kehidupan manusia. Salah satu perkemangan yang paling menonjol saat ini adalah pada aspek teknologi, yaitu telah menhyediakan kemudahan dalam memperoleh pinjaman melalui teknologi yang disebut dengan Financial Technology (Fintech) Peer to Peer. Dengan kemudahan ini masyarakat lebih mudah dalam memperoleh bantuan dana pinjaman hanya dengan mendownload aplikasi atau mengujungi website jenis pinjaman yang dibutuhkan. Namun, dengan kemudahan ini tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang terjadi seperti banyaknya jenis pinjaman yang berbentuk penipuan atau tidak memiliki izin (illegal), penyebaran data pribadi dan berbagai hal lainnya. Sehingga, sikap masyarakat terhadap pinjaman online menjadi salah satu penyebab akan meningkatnya penggunaan jasa pinjaman online. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap masyarakat terhadap pinjaman online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terkait dengan sikap yang memiliki tiga komponen, yaitu kognitif merupakan proses mengetahui objek, afektif merupakan proses dalam memahami objek yang terikat kepada perasaan suka atau tidak terhadap objek dan konatif yaitu proses dalam menentukan tindakan terhadap objek yang sedang dilihat sehingga menimbulkan suatu sikap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah masyarakat Komplek Sidimpuan Baru Kelurahan Silandit Kecamatan Padangsidimpuan Selatan sebanyak 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan informan penelitian. Analisis data dilakukan dengan kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa informan (debitur) mengetahui dengan baik jasa pinjaman online yang digunakan yaitu mulai dari penggunaan yang telah digunakan lebih dari lima kali penggunaan pada jasa pinjaman, menelusuri sebelum menggunakan jasa pinjaman online, dan kemudahan dalam memberikan pelayanan. Informan secara afektif menggunakan jasa pinjaman online karena kemudahan persyaratan yang diberikan, jaminan keamanan privasi data pribadi peminjam, dan merasa terbantu dengan adanya pinjaman jasa pinjaman online. Kemudian, pada aspek konatif informan (debitur) dalam menggunakan jasa pinjaman online karena kebutuhan dana usaha seperti usaha dagang, kemudahan dalam transaksi pinjaman, bunga yang dibebankan kepada peminjam dan proses administrasi yang cepat dan mudah ketika melakukan peminjaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Sikap masyarakat; Pinjaman online; Peer to peer lending
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Aug 2022 09:00
Last Modified: 10 Dec 2022 08:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8176

Actions (login required)

View Item View Item