Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk tabungan qurban pada BMT Insani Padangsidimpuan

Inonue, Nandnie (2022) Strategi pemasaran produk tabungan qurban pada BMT Insani Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena sudah adanya produk tabungan qurban pada BMT Insani Padangsidimpuan. Persaingan antara lembaga keuangan syariah pada saat ini semakin ketat dalam memperebutkan pasar. Sejalan dengan hal ini, BMT harus menentukan strategi yang tepat sebagai upaya memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk tabungan qurban pada BMT Insani Padangsidimpuan dan apa saja kendala yang dihadapi BMT Insani Padangsidimpuan dalam strategi pemasaran produk tabungan qurbannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dan kendala yang dihadapi oleh BMT Insani Padangsidimpuan dalam strategi pemasaran produk tabungan qurbannya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran produk tabungan qurban, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran produk tabungan qurban yaitu membahas tentang pengertian, konsep, akad produk tabungan qurban. Penelitian ini adalah penelitian kualitataif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan, 1 karyawan dan 4 orang nasabah, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk tabungan qurban pada BMT Insani Padangsidimpuan dengan cara sosialisasi secara langsung kepada masyarakat atau calon nasabah untuk memperkenalkan produk tabungan qurban yang ada di BMT Insani Padangsidimpuan, menurut peneliti kurangnya minat masyarakat membuka tabungan qurban di BMT Insani Padangsidimpuan karena kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) dalam memasarkan produk tabungan qurban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Sry Lestari, M.E.I.
Keywords: Pemasaran; Tabungan qurban; BMT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:24
Last Modified: 10 Dec 2022 08:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8140

Actions (login required)

View Item View Item