Ritonga, Robiatul Adawiyah (2022) Penanaman sikap sosial melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa Kelas V di SD Negeri 100290 Parmeraan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya penanaman sikap sosial pada siswa di SD Negeri 100290 Parmeraan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara dan apa saja yang menjadi kesulitan guru dalam menanamkan sikap kepada siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penanaman sikap sosial terhadap siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri 100290 Parmeraan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara, apa saja faktor pendukung penanaman sikap sosial di SD Negeri 100290 Parmeraa Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara, dan apa saja faktor penghambat penanaman sikap sosial di SD Negeri 100290 Parmeraan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses penanaman sikap sosial yang dilakukan guru untuk menanamkan sikap sosial pada siswa, untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung penanaman sikap sosial pada siswa dan juga untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat sikap sosial pada siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan, dan data data teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dalam penelitian ini, bahwa penanaman sikap sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 100290 Parmeraan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara berhasil ditanamkan melalui pemberian contoh yang baik secara langsung kepada siswa, dan pemberian kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai-nilai sikap sosial dan mengaitkannya dengan pembelajaran. Selain itu adapun kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan sikap sosial pada siswa adalah siswa yang kurang peka terhadap sikap sosial yang diberikan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd. |
Keywords: | Penanaman sikap sosial; Pembelajaran IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:42 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8136 |
Actions (login required)
View Item |