Gunawan, Rohim (2022) Efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan komputer atau gadget. Pembelajaran daring perdana dilakukan di Indonesia khususnya di MAN Sibolga hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara pendidikan, Sehingga banyak guru yang belum terbiasa mengajar dan memanfaatkan media daring secara maksimal. Menimbang guru dan siswa masih beradaptasi dengan pembelajaran daring dan materi-materi Fikih yang bersifat praktis tidak bisa dilakukan secara daring dan terpaksa harus dilakukan secara teoritis. Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti lebih lanjut bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga. Penelitian ini bermaksud menjawab permasalahan: 1) Bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga? 2) Apa faktot pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga? 3) Bagaimana hasil pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti menggunakan wawancara terstruktur yang hanya memuat pertanyaan-pertanyaan tertentu, dimana set-set pertanyaan dengan urutan yang telah disiapkan oleh peneliti. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini, meyimpulkan bahwa pembelajaran daring pada bidang studi Fikih tidak berjalan dengan efektif, dikarenakan banyak guru-guru yang belum familiar dalam menggunakan teknologi sehingga pembelajaran yang di sampaikan kurang dimengerti siswa dan juga kurangnya pengawasan terhadap siswa sehingga siswa kurang serius dalam menanggapi pembelajaran yang disampaikan guru, materi yang akan disampaikan tidak cocok disampaikan melalui daring karena materi Fikih ada yang bersifat praktis tidak bisa dilakukan secara daring sehingga pembelajaran tidak terlaksana secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd. |
Keywords: | Efektivitas; Pembelajaran daring; Fikih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 02:19 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 08:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8132 |
Actions (login required)
View Item |