Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis antrian pelayanan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia KC Panyabungan

Gustiawati, Devy (2022) Analisis antrian pelayanan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia KC Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100250.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena sudah adanya model antrian yang ditetapkan di PT. Bank Muamalat Indonesia KC Panyabungan yaitu Multi Channel Single Phase dan disiplin pelayanan first-in first-out. Tapi tetap terjadinya antrian dan banyak nasabah yang mengeluh karna menunggu lama dan membuang-buang waktu dan ada beberapa nasabah yang selalu melihat kearah jarum jam dan bertanya kepada security kenapa antriannya begitu lama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model antrian yang tepat berdasarkan pelayanan nasabah pada bagian Customer Servis dan Teller pada PT. Bank Muamalat Indonesia KC Panyabungan dan bagaimana antrian pelayanan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia KC Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah model antrian yang tepat berdasarkan pelayanan nasabah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan antrian pelayanan nasabah, sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan antrian pelayanan nasabah yaitu membahas tentang pengertian, model dan faktor sistem antrian. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan, 3 orang karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia KC Panyabungan dan 7 orang nasabah, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model antrian yang digunakan PT. Bank Muamalat KC Panyabungan adalah model Multi Channel Single Phase dengan adanya satu teller dan satu Customer Servis dalam sistem antrian, sedangkan tingkat kedatangan nasabah bersifat acak (random) berarti pola kedatangan nasabah ini diuraikan sesuai dengan kedatangan nasabah lain tidak tergantung pada waktu atau tidak terbatas. Rata-rata waktu tunggu pelayanan pernasabah 30 menit. Selain itu disiplin pelayanan yang dilakukan PT. Bank Muamalat Indonesia KC Panyabungan adalah first-in first-out artinya yang akan dilayani nasabah yang datang terlebih dahulu, menurut peneliti lamanya pelayanan pada saat antrian dikarenakan hanya ada satu teller yang melayani dan waktu pelayanan pernasabah lumayan lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Sry Lestari, S.H.I., M.E.I.
Keywords: Antrian; Pelayanan; Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:41
Last Modified: 23 Nov 2022 04:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8115

Actions (login required)

View Item View Item