Hasibuan, Ummi Kalsum (2022) Dampak psikologis anak dalam mengikuti kegiatan belajar membaca al-qur’an anak di Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Undergraduate thesis, IAIN PADANGSIDIMPUAN.
Text
1830200031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam proses belajar al-Qur’an ada dampak negatif yang terjadi pada psikologis anak ketika sedang melakukan kegiatan belajar membaca al-Qur’an di al-Barokah Desa Ujung Gurap yaitu ketika disuruh membaca al-Qur’an si anak terdiam dan merasa takut serta cemas kalau bacaannya itu salah, merasa bosan, jenuh, menangis apabila tidak dapat kuis tajwid, dan ketika anak disuruh menghafal anak merasa stress serta takut saat hafalannya disetorkan. Rumusan masalah adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar membaca al-Qur’an dan bagimana dampak pada psikologis anak dalam mengikuti kegiatan belajar membaca al-Qur’an di Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Adapun kajian pustaka dalam penelitian ini adalah membahas tentang pengertian dampak psikologis anak, aspek-aspek psikologis, aliran-aliran psikologi, teori-teori klsik pada psikologis perkembangan anak, dan kondisi psikologis belajar anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan bertujuan untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan peristiwa, kejadian yang terjadi di lapangan sesuai dengan fakta yang ditemukan di lapangan dan pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian dampak psikologis anak dalam mengikuti kegiatan belajar membaca al-Qur’an adalah Pelaksanaan kegiatan Belajar Membaca al-Qur’an anak di al-Barokah Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, yaitu: belajar membaca al-Qur’an, belajar bersuci dan berwudhu, berdo’a sebelum dan sesudah mengaji, belajar salat & ażān, belajar adab, pemberian motivasi, belajar do’a sehari-hari dan belajar al-Barzanji. Kemudian, dampak yang timbul pada psikologis anak adalah positif yaitu senang, gembira dan bersemangat. Akan tetapi ada pula anak yang berdampak negatif yang timbul pada psikologis anak yaitu anak-anak terlihat gugup, cemas, panik, cemburu, malas dan menangis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fauzi Rizal, S.Ag., M.A. dan Risdawati Siregar, S.Ag, M.Pd. |
Keywords: | Dampak; Psikologis; Anak dan belajar |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 07:31 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 09:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8076 |
Actions (login required)
View Item |