Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh fluktuasi harga emas dan promosi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn

Sihombing, Rospita (2022) Pengaruh fluktuasi harga emas dan promosi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100340.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi sering terjadi fluktuasi harga emas. Emas merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang. Walaupun demikian, kita mesti menyadari bahwa harga emas pun tidak selamanya naik. Ada masa-masa tertentu pula harga emas mengalami penurunan. Fluktuasi harga emas dapat terjadi karena tidak seimbangnya pasar permintaan dan penawaran. Selain itu, adanya interaksi antar pasar komoditas dan pasar uang juga mendorong fluktuasi harga emas, mengikuti fluktuasi nilai tukar. Fluktuasi harga emas juga dapat memengaruhi keputusan nasabah menggadai dikarenakan besar masyarakat yang menggadaikan barang nya berupa emas untuk memperoleh dana. Jumlah nasabah yang menggadaikan emas pada tahun 2021 sebanyak 573 nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fluktuasi harga emas,dan promosi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn di PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok . Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan bidang-bidang ilmu tentang gadai. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, promosi, dan keputusan nasabah. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Sumber data yang digunakan data primer. Tehnik pengumpulan datanya adalah angket/ kuesioner, jumlah sampel 85 nasabah dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% . Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji hipotesis. Dengan menggunakan program SPSS Versi 22 diperoleh hasil penelitian secara parsial variabel harga terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn t hitung < t table (3,855> 1,66365), promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn dengan thitung > ttabel (2,675> 1,66365). Secara simultan harga dan promosi, berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalm memilih produk rahn dengan Fhitung > Ftabel (33,088>2,15). Uji koefisien determinasi variable harga, promosi mampu menjelaskan keputusan nasabah dalam memilih produk rahn 44,7% sedangkan sisanya 55,3% dijelaskan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I.
Keywords: Harga; Promosi; Keputusan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:59
Last Modified: 07 Dec 2022 01:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8024

Actions (login required)

View Item View Item