Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan literasi dan persepsi terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah (studi pada masyarakat muslim Kecamatan Angkola Barat)

Pasaribu, Nurhafipah (2021) Hubungan literasi dan persepsi terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah (studi pada masyarakat muslim Kecamatan Angkola Barat). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100217.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Mayoritas masyarakat Kecamatan Angkola Barat adalah masyarakat yang beragama islam dengan persentase sebesar 92.9% dari keseluruhan jumlah penduduk yang ada. Selain itu pengetahuan berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah literasi dan persepsi secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah literasi dan persepsi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini digunakan untuk bisa menambah wawasan dan acuan serta referensi dalam penulisan karya ilmiah. Penelitian ini berkaitan dengan ilmu manajemen pemasaran sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan minat nasabah, faktor-faktor yang menumbuhkan minat nasabah, funsgsi minat, pengertian literasi, pengertian persepsi, pengertian bank syariah dan produk-produk bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), uji koefisien determinasi (R2) serta analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan program SPSS versi 23 diperoleh bahwa variabel literasi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah. Variabel persepsi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah. Sedangkan hasil uji f menunjukkan bahwa variabel literasi dan persepsi secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah (studi pada masyarakat muslim kecamatan angkola barat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag. dan Adanan Murroh Nasution, M.A.
Keywords: Literasi; Persepsi; Minat
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080709 Social and Community Informatics
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:25
Last Modified: 02 Dec 2022 01:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8017

Actions (login required)

View Item View Item