Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran pembiayaan murabahah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua

Ritonga, Sri Lestari (2022) Strategi pemasaran pembiayaan murabahah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan jumlah nasabah pembiayaan murabahah dari tahun 2015-2020 di Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua mengalami naik turun setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui produk pembiayaan murabahah dan masih mengangap bank syariah sama dengan bank konvensional, maka untuk menarik minat nasabah dan meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah, membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan terencana agar masyarakat lebih tertarik menggunakan produk pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua dibandingkan produk pembiayaan di Bank Konvensional. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran pembiayaan murabahah yang digunakan oleh PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua serta faktor yang menjadi kendala kurangnya minat nasabah pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan murabahah Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua, untuk mengetahui faktor yang menjadi kendala kurangnya minat nasabah dalam pebiayaan murabahah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembahasan tentang pengertian murabahah, landasan hukum murabahah, keunggulan murabahah, pengertian pembiayaan, tujuan pembiayaan, pengertian strategi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah Strategi pemasaran pembiayaan murabahah yang digunakan Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua yaitu menggunakan bauran marketing mix (product, price, place, promotion, people, dan proses). strategi produk (Product), dalam hal ini Bank memberikan margin yang menarik kepada nasabah dan menampilkan kelebihan dan kualitas produk. Harga (Price), harga yang diberikan Bank sudah ditetapkan dari kantor pusat. Tempat (Place), PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua, dekat dengan lalulintas sangat strategis karena dilewati dengan jalur angkutan umum yang memudahkan masyarakat atau nasabah untuk melakukan transaksi di Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Promosi (Promotion), strategi promosi yang dilakukan PT. Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua dengan melakukan periklanan, Dor to Dor, promosi penjualan. Orang (People), strategi dengan melakukan pelayanan yang maksimal bagi nasabah. Proses (Proses), dalam prosesnya meliputi prosedur yang mudah dan mekanisme yang cepat. Physical evidence dengan membuat gedung dan tempat duduk yang tersusun rapih dan pelaynan pegawai yang ramah sehingga membuat nasabah nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Arti Damisa, M.E.I.
Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan; Murabahah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:06
Last Modified: 10 Dec 2022 08:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8015

Actions (login required)

View Item View Item