Mardiani, Etti (2021) Analisis persaingan pangsa pasar gadai PT. Pegadaian (persero) unit pelayanan syariah dan unit pelayanan Cabang Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Banyaknya persaingan pangsa pasar barang gadai lembaga keuangan maupun non lembaga keuangan seperti Pegadaian Syariah dan Konvensional, pada saat ini membuat Pegadaian tersebut berlomba-lomba dalam menyusun strategi pemasaran untuk mencapai target perusahaan dengan baik dan agar masyarakat juga dapat mengetahui produk-produk yang mereka ciptakan. Dalam menghadapi persaingan menjalankan usahanya PT. Pegadaian (persero) Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal dan PT. Pegadaian (persero) Unit Pelayanan Cabang Mandailing Natal menyusun strategi pemasaran yang efektif agar target tercapai. Untuk dapat merumuskan rencana strategi pemasaran yang efektif, perusahaan perlu mendapatkan segala sesuatu mengenai pesaingnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis persaingan pangsa pasar gadai PT. Pegadaian (persero) Unit Pelayanan Syariah dan PT. Pegadaian (persero) Unit Pelayanan Cabang Mandailing Natal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis persaingan pangsa pasar gadai PT. Pegadaian (persero) Unit Pelayanan Syariah dan PT. Pegadaian (persero) Unit Pelayanan Cabang Mandailing Natal . Ruang lingkup teori-teori yang digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini yaitu, teori persaingan adalahketika organisasi atau perorangan berlomba untuk mencapai tujuan yang diinginkan seperti konsumen, pangsa pasar,peringkat survei, atau sumber daya yang dibutuhkan.Teori pangsa pasar yaitu menunjukkan volume penjualan dalam bentuk persentase dari total penjualan dalam pasar tertentu.Teori gadai kegiatan menjaminkan barang–barang berharga kepada pihak tertentu, guna memperoleh sejumlah uang dan barang yang di jaminkan akan di tebus kembali sesuai perjanjian antara nasabah dengan lembaga gadai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriftif yang menjadi subjek penelitian ini adalah dengan mewawancarai narasumber utama yang akan memberikan data sesuai dengan variabel, teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara.Teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan cara studi kasus kualitatif. Teknik pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persaingan Pangsa Pasar Gadai PT. Pegadaian (persero) Unit Pelayanan Syariah dan Unit Pelayanan Cabang Mandailing Natal meliputi produk, harga, tempat, serta memberikan pelayanan yang baik bagi nasabah, karena hal tersebut sebahagian nasabah masih berniat tetap menjadi nasabah di pegadaian tersebut. Dan dalam menjalankan usahanya PT. Pegadaian (persero) Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal bersaing dengan baik dan tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa. S.T., M.M. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si. |
Keywords: | Persaingan; Pangsa pasar; Gadai |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:29 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 09:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7945 |
Actions (login required)
View Item |