Matondang, M. Fajri (2021) Determinan kepuasan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100171.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah banyak keluhan layanan Internet Banking dan jaringan yang kurang kuat sehingga menjadikan transaksi berjalan lambat, kemudian dengan jumlah mesin ATM yang tidak ada tersebar di kota Padangsidimpuan melainkan hanya ada di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KC Padangsidimpuan, membuat masyarakat lingkungan VIII kelurahan Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan harus jauh-jauh ke kantor cabang yang berada di pusat kota untuk melakukan transaksi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Internet Banking dan Automatic Teller Machine berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, pihak akademik dan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KC Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Internet Banking, Automatic Teller Machine, dan Kepuasan Nasabah. Internet Banking merupakan bagian dari program Elektronik Banking dan merupakan layanan perbankan 24 jam dengan menggunakan komputer dan terhubung dengan jaringan internet. Automatic Teller Machine merupakan mesin yang dapat melayani kebutuhan nasabah secara otomatis dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yang artinya Anjungan Tunai Mandiri. Nasabah adalah pihak atau orang yang menggunakan secara sengaja menjadi langganan bank yang dipercayainya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 responden. Adapun uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji parsial dan uji simultan dengan menggunakan SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan menunjukkan secara parsial Internet Banking dan Automatic Teller Machine berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan secara simultan Internet Banking dan Automatic Teller Machine berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Internet Banking dan Automatic Teller Machine merupakan modal yang berharga untuk menciptakan kepuasan nasabah yang bagus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. |
Keywords: | Internet banking; Automatic teller machine; Kepuasan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 04:47 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 09:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7937 |
Actions (login required)
View Item |