Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran produk tabungan emas PT. Pegadaian Unit Syariah Sadabuan terhadap peningkatan nasabah

Mukhtasar, Fadly Aulia (2022) Analisis strategi pemasaran produk tabungan emas PT. Pegadaian Unit Syariah Sadabuan terhadap peningkatan nasabah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100221.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data jumlah nasabah Tabungan Emas mulai dari tahun 2016-2020, pada tahun 2016 sebanyak 17 nasabah mengalami kenaikan pada tahun 2017 sebanyak 1,41 persen, pada tahun 2018 mengalami kenaikan sebanyak 5 persen, pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebanyak 17,42 persen, pada tahun 2020 mengalami kenaikan 70.57 persen. Maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan emas PT. Pegadaian Unit Syariah Sadabuan tahun 2016-2020. Penelitian ini didukung oleh teori para ahli yang bersangkutan dengan berbagai teori, seperti teori tentang strategi, teori pemasaran, teori strategi pemasaran, teori mengenai bauran pemasaran, dan teori mengenai Tabungan Emas, dan berbagai teori lainnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi, sedangkan sumber data yang digunakan ialah data primer dan data skunder. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Strategi pemasaran yaitu dengan 7P, Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), dan Bukti Fisik (Physical Avidence). Strategi pemasaran PT. Pegadaian Unit Syariah Sadabuan sudah sesuai dengan bauran pemasaran karena dalam pemasarannya sudah mengalami kenaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E. M.A. dan Adanan Murroh Nasution, M.A.
Keywords: Analisis; Strategi; Pemasaran; Tabungan emas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:11
Last Modified: 25 Nov 2022 09:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7913

Actions (login required)

View Item View Item