Siregar, Siti Almaidah (2022) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar santri pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Ponpes Syekh Ahmad Basir Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100185.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan progam pendidikan yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan motivasi belajar santri, maka diperlukan upaya yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar santri pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Ponpes Syekh Ahmad Basir (2) Menyebutkan faktor penghambat dan penunjang dalam peningkatan motivasi belajar santri di Ponpes Syekh Ahmad Basir. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar santri pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Ponpes Syekh Ahmad Basir sudah baik namun masih kurang yaitu strateginya, karena guru Akidah Akhlaknya hanya memakai strategi ekpository dan mastery learning, karena ketika penelitian melakukan wawancara kepada guru Akidah Akhlak beliau berkata hanya memiliki dua strategi. Hal ini yang membuat santri yang nakal malas mengikuti pelajaran. Kemudian ada juga faktor penghambat dan penunjang, faktor penghambatnya yaitu bahwa sebagian santri cuek dan acuh terhadap mata pelajaran tersebu, dan penunjangnya yaitu sarana dan prasarana yang ada di Ponpes Syekh Ahmad Basir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Hj. Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Strategi guru; Motivasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 08:27 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 08:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7898 |
Actions (login required)
View Item |