Harahap, Juli Elisa Mahreni (2022) Peran guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak Siswa SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas, seperti halnya banyak guru yang tidak menjalankan perannya sebagai guru terutama dalam membina akhlak yang baik terhadap siswanya, karena masih banyak siswa yang melanggar peraturan sekolah bahkan melawan terhadap guru, suka cabut dan berkata kotor dan lain sebagainya. Itu semua karena kurangnya perhatian dan bimbingan guru terhadap siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa SMA Neger 1 Ulu Barumun, bagaimana metode guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa SMA Negeri 1 Ulu Barumun, dan apakah faktor penghambat/ kendala dalam pembinaan akhlak siswa SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMA Negeri 1 Ulu Barumun, untuk mengetahui metode guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 Ulu Barumun, dan untuk mengetahui faktor penghambat/kendala dalam pembinaan akhlak siswa. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis kualitatif dalam pengumpulan datanya melalui klasifikasi data, reduksi data, deskriptif data, dan menarik kesimpulan data. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas yaitu bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa sudah termasuk baik namun masih ada kurangnya yaitu keteladan, adapun peran guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Ulu Barumun yaitu sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai pelatih dan sebagai penasehat. Kemudian metode guru pendidikan agama Islam yaitu metode pembiasaan, metode cerita, metode nasehat, metode pemberian tugas, metode pemberian hadiah, dan metode pemberian hukuman. Faktor penghambat/kendala guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa yaitu lingkungan tempat tinggal siswa, pengaruh teman, dan game online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. |
Keywords: | Peran guru; Pendidikan agama islam; Akhlak siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 07:44 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 05:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7894 |
Actions (login required)
View Item |