Nasution, Nina Puspita Sari (2021) Peranan sales promotion dalam meningkatkan minat nasabah menabung (studi kasus pada PT. Bank Sumut KCP Syariah Kisaran). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100206.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan Mengingat bahwa minat nasabah untuk menabung pada suatu lembaga bank adalah mutlak di tangan nasabah masing-masing. Hal ini yang menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk bersaing agar dapat menarik minat nasabah. Dalam upaya menarik minat nasabah untuk menabung di suatu bank dilakukan berbagai upaya. Salah satunya yaitu menerapkan promosi penjualan. Menjamurnya lembaga bank yang menawarkan promosi penjualan yang sama merupakan kendala utama, pemikiran stategis melalui pelaksanaan kegiatan pemasaran yang tepat sangat dibutuhkan di sini. Dalam upaya menonjolkan kehadiran produk dan jasa pada masyarakat atau bahkan berujung pada meningkatkan minat nasabah menabung pada bank yang bersangkutan, ketika nasabah mendapatkan kualitas pelayanan yang baik dan keuntungan pada promosi penjualan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peranan sales promotion dalam meningkatkan minat nasabah menabung pada PT.Bank Sumut KCP Syariah Kisaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam bentuk deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasanya peranan sales promotion PT.Bank Sumut KCP Syariah Kisaran dengan tujuan untuk meningkatkan minat menabung dengan melakukan program sales promotion berupa pemberian hadiah kepada nasabah yang telah mencapai omzet tabungan. Sales promotion ini bembuat para nasabah tertarik untuk ikut serta karena diberikan hadiah yang menguntungkan nasabah yaitu berupa voucher belanja sehingga minat nasabah menabung semakin meningkat dan menjadikan penyebaran produk juga akan semakin luas dan dikenal oleh masyarakat luas, dengan semakin luasnya pengenalan produk bank ini maka minat nasabah menabung akan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Sry Lestari, M.E.I. |
Keywords: | Sales promotion; Meningkatkan minat; Menabung |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 03:14 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 07:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7854 |
Actions (login required)
View Item |