Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih tabungan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KC. Padangsidimpuan

Habibi, Ahmad (2021) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih tabungan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KC. Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah mengenai strategi pemasaran yang ada di PT. Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan dalam kurun waktu 2015-2019 mengalami naik turun jumlah nasabah khusunya dalam tabungan pensiun, sementara marketing PT. Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan sudah melakukan strategi pemasaran akan tetapi jumlah nasabah masih belum bertambah sehingga memberikan efek yang kurang positif terhadap perusahaan. Karena itu, di perlukan pengkajian ulang secara mendalam terhadap strategi pemasaran yang diterapkan untuk meningkatkan jumlah nasabah. Adapun rumusan masalahnya adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan masyarakat memilih tabungan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan masyarakat memilih tabungan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berhubungan dengan bidang perbankan syariah yang membahas tentang keputusan dan strategi pemasaran,dimana strategi pemasaran dilakukan dengan tujuh bauran pemasaran, yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, process. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Data di olah dengan bantuan program SPSS 23. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkan uji validitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji regresi liner berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa nilai uji t untuk variabel produk terdapat pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan masyarakat memilih tabungan pensiun. Sementara variabel harga, lokasi, promosi, karyawan, bukti fisik dan proses tidak berpengaruh terhadap keputusan masyarakat memilih tabungan pensiun pada PT.Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan strategi pemasaran berpengaruh terhadap keputusan masyarakat memilih tabungan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E, M.A. dan Zulaika Matondang, M.Si.
Keywords: Bauran pemasaran; Keputusan nasabah; Tabungan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:36
Last Modified: 07 Dec 2022 01:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7806

Actions (login required)

View Item View Item