Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pembelajaran bidang studi pendidikan agama islam Kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan

Aritonang, Riduan Nasakti (2021) Strategi pembelajaran bidang studi pendidikan agama islam Kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Strategi Pembelajaran Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan. Permasalahan dalam penelitian ini terkait tentang apa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana penerapan strategi pembelajaran bidang studi Pendidikan agama Islam kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menginterpretasikan objek yang sesuai dengan apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan wawancara. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini, bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah ini masih terlaksana dengan baik. Diantara strategi yang sering diterapkan oleh guru PAI adalah dengan strategi belajar individual, strategi belajar dengan bentuk kelompok, strategi belajar dengan bahan pelajaran disajikan kepada siswa dalam bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasai bahan tersebut, dan strategi belajar tutor sebaya. Penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam mengatasi permasalahan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut yaitu dengan memberikan motivasi kepada siswa-siswanya, dan menerapkan berbagai macam strategi pembelajaran dengan baik dan relevan sesuai dengan materi yang diajarkan dan menjadi salah satu usaha yang dilakukan oleh setiap guru untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I.
Keywords: Strategi pembelajaran; PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:01
Last Modified: 10 Dec 2022 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7799

Actions (login required)

View Item View Item