Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran tematik di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan

Sihombing, Nova Andriani (2022) Pembelajaran tematik di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran yang dilakukan secara berulang-ulang dengan penggabungan dari beberapa materi pelajaran yang dilaksanakan secara bersamaan. Pembelajaran tematik adalah suatu pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran di ruang lingkup MI/SD. Pada pelaksanaannya pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa pada proses pembelajaran secara aktif, sehingga dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang telah dipelajarinya. Penelitian ini merumuskan masalah tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekataan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan metode penelitiannya deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa. Penelitian kualitatif digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Peneliti sebagai instrumen kunci, analisis data bersifat induktif, kualitatif, dan hasil dari penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil Penelitian ini menyatakan pembelajaran tematik di kelas V terdiri dari 3 tahapan, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Perencanaan Pembelajaran tematik yang dibuat seluruh guru kelas V dikategorikan sangat lengkap yang terdiri dari kalender pendidikan, silabus, KI dan KD, pemetaan KI-KD, kriteria ketuntasan minimal belajar (KKM), rincian minggu efektif, program tahunan, program semester dan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan Pembelajaran yang dilaksanakan guru terdiri dari 3 tahapan yaitu, kegiatan pembuka, inti dan penutup yang dikategorikan baik sesuai dengan pelaksanaan guru kelas V. Dan Penilaian Pembelajaran tematik yang dilihat dari 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Pembelajaran tematik; Perencanaan; Pelaksanaan; Penilaian
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:30
Last Modified: 06 Dec 2022 02:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7747

Actions (login required)

View Item View Item