Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi ekosistem melalui model pembelajaran picture and picture pada Siswa Kelas V SD Negeri 179 Tambangan Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Wirda Yasiroh (2022) Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi ekosistem melalui model pembelajaran picture and picture pada Siswa Kelas V SD Negeri 179 Tambangan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, guru cendrung menggunakan metode ceramah, media yang digunakan hanya sebatas papan tulis tidak terdapat media tambahan lain yang mendukung proses pembelajaran. Meskipun kegiatan menarik seperti diskusi kelompok sudah dilakukan oleh guru akan tetapi sebagian besar siswa jarang terlibat aktif sehingga siswa kurang bersemangat dalam melakukan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui model pembelajaran picture and picture mata pelajaran IPA materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 179 Tambangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi ekosistem tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas V SDN 179 Tambangan. Hasil belajar adalah perolehan kemampuan dalam mengolah atau berpikir menggunakan intelektual yang hasilnya akan menambah pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melakukan kolaborasi dengan guru, dimana peneliti sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Prosedur penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dalam I siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 179 Tambangan. Dilihat dari hasil belajar siswa, pra- siklus yaitu nilai rata- rata 60 dengan persentase ketuntasan 32%, pada siklus I pertemuan 1 nilai rata- rata kelas 67,70 dengan persentase ketuntasan 42%, pada pertemuan ke 2 nilai rata- rata kelas 73,12 dengan persentase ketuntasan 54%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke 1 nilai rata- rata kelas 78,33 dengan persentase ketuntasan 79%, pada pertemuan ke 2 siklus II nilai rata- rata kelas 85 dengan nilai persentase ketuntasan 92%, karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Model picture and picture; Ekosistem; Hasil belajar
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050102 Ecosystem Function
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:39
Last Modified: 23 Nov 2022 03:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7742

Actions (login required)

View Item View Item