Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi komunikasi pemasaran radio dalam meningkatkan jumlah pengiklanan (studi kasus Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan)

Harahap, Rahmina (2022) Strategi komunikasi pemasaran radio dalam meningkatkan jumlah pengiklanan (studi kasus Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1730100020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan yang lebih banyak memiliki iklan dari pada Radio lain. Adapun yang menjadi rumusan masalah, bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang di terapkan oleh Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah pengiklan, dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan hambatan dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah pengiklan. Adapun pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran sehubung dengan hal itu, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran Radio dalam meningkatkan jumlah pengiklan. Penelitian ini dilaksanakan di Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan yang terletak di Jln. Jendral Sudirman No. 219 Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu usaha untuk mengungkap satu masalah. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder, yang menjadi sumber data primer pada penelitian di peroleh dari Direktur utama RAU FM, General Manejer, Marketing Komunikasi, Marketing Keuangan & Ikalan, dan yang menjadi data sekunder yang berupa dokumen, foto-foto, dan arsip yang berkaitan dengan Radio. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian strategi komunikasi pemasaran yaitu melakukan promosi langsung kelapangan untuk melaksanakan perencanaan yang dilakukan oleh pihak Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah pengiklan. Strategi yang digunakan oleh pihak Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah pengiklan ialah mengulang-ulang pesan dengan mengunjungi konsumen secara (face to face) dengan komunikasi yang baik untuk sistem pendukung realita perekonomian. Yang menjadi faktor hambatan Radio dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran dilihat dari kinerja yang dilakukan oleh pihak Radio pada klien untuk bisa kerja sama yang berkelanjutan. Dan yang menjadi peluang pada strategi komunikasi pemasaran Radio sudah bergabung dengan media VOA (Voice Of Amerika), KBR 68 H, dan Radio Edukasi Yogjakarta yang membagikan informasi pada Radio Adi Utama FM Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mohd Rafiq, S.Ag., M.A. dan Mhd. Latip Kahpi, M.I.Kom.
Keywords: Strategi; Komunikasi pemasaran; Radio; Iklan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:38
Last Modified: 18 Apr 2023 04:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7734

Actions (login required)

View Item View Item